Fungsi Lain Iklan Native Google Adsense! Wajib Dicoba!

Yooo Yoooo
Selamat pagi, siang dan malam semuanya para pembaca setia www.rrythien.com

Apa kabar semuanya?
Baik-baik saja kan?

Pada kesempatan kali nih, saya akan kembali membahas tentang blog, setelah beberapa minggu terakhir ini www.rrythien.com dipenuhi oleh postingan download. Pembahasan blog kali nih bukan mengenai tips menulis maupun SEO melainkan mengenai iklan yang sedang dipakai oleh www.rrythien.com saat ini.


Google Adsense.



google adsense


Merupakan penyedia iklan yang paling dinanti kehadirannya dalam suatu blog atau website untuk memperoleh pundi-pundi dollar. Hampir setiap blog maupun website berharap bisa diterima oleh google adsense dan mendapatkan pundi-pundi dollar tiap bulannya. Tapi, tidak semudah membuat sebuah artikel yang full SEO, untuk mendapatkan sebuah akun dari google adsense membutuhkan proses yang panjang. Melewati dua kali review dengan syarat-syarat yang cukup ketat terkadang membuat para blogger jadi enggan dan berat hati untuk bisa mendapatkannya.

Tapi, bagi kamu yang sudah memiliki akun google adsense dan sudah berjalan diblog kamu maka postingan ini sangat recommended banget untuk kamu baca. Seperti judulnya diatas, yang saya bahas kali nih adalah salah satu jenis unit iklan yang ditawarkan oleh google adsense yaitu Iklan native Ads.



Iklan native merupakan iklan yang baru saja dikeluarkan oleh pihak google adsense, meskipun jenis iklan ini sudah viral sejak tahun 2015 tapi, baru di tahun 2017 google adsense melirik unit iklan ini dan menjadikannya salah satu unit iklannya. Jenis iklan native sangat dinikmati oleh para publisher iklan karena tampilan dari iklan tersebut. Iklan native secara otomatis akan menyesuaiakan dengan topik yang sedang dibahas sehingga iklan akan nampak lebih relevan dengan isi blog atau website.

Dengan tampilan yang seperti itu iklan native tidak akan nampak mengganggu tampilan dari postingan blog yang disajikan karena iklan disesuaikan terhadap topik yang dibahas. Sehingga iklan native nampak seperti tautan yang memang disajikan untuk bersanding dengan topik postingan.

Namun, dalam beberapa hari setelah penggunaan iklan native tersebut, saya menemukan salah satu keunikan yang ditawarkan oleh iklan native google adsense. Seperti yang kita tahu, iklan native biasanya akan menampilkan iklan yang disesuaikan dengan topik pembahasan dan situs yang disarankan akan disesuaikan kembali ( bukan website kita yang ditampilkan dalam iklan nativenya ).

Tapi, sejak 2-3 hari terakhir ( sejak postingan ini dipublish ) iklan native yang ditawarkan oleh google adsense menyajikan iklan yang berbeda.

Coba kamu perhatikan screenshot iklan native dibawah ini :


screenshot www.rrythien.com mobile 1
 screenshot www.rrythien.com mobile 1screenshot www.rrythien.com mobile 3

Tampilan blog di mobile


Yup, iklan native yang ditampilkan oleh google adsense bukan situs maupun iklan yang disesuaikan oleh postingan kita, melainkan postingan-postingan yang ada diblog saya disesuaikan berdasarkan label yang ada. Sekilas iklan yang ditampilkan mirip seperti iklan matched contect dimana menampilkan sejumlah postingan yang memiliki ketertaitan antar postingannya ( biasanya karena satu label postingan ).

Saya berpikir mungkin ini adalah error karena tidak mungkin iklan yang ditampilkan sama seperti yang ditampil iklan matched contect. Lalu saya menunggu beberapa menit lagi dan membuka menggunakan device lain. Tapi lagi dan lagi tampilannya iklannya tetap tidak berubah, yang muncul sama seperti screenshot diatas hanya saja postingan yang disajikan berbeda.

Lalu saya iseng mencoba mengklik iklan native tersebut dan menunggu waktu sekitar 1-2 jam untuk melihat hasilnya apakah masuk kliknya apa tidak. Setelah menunggu ternyata kliknya tidak masuk lalu saya mengkira lagi mungkin kliknya invalid, maka saya menggunakan device lain lagi dan mencoba mengklik. 

Kali nih saya coba 2x klik karena saya membuka setiap postingan yang muncul iklan native seperti itu yang muncul.
Ketika malam saya cek ternyata kliknya juga tidak masuk, padahal ketika saya coba di device terakhir ( yang 2x klik ) saya juga mengklik iklan adsense yang biasa dan kliknya masuk. 

Apakah yang terjadi? Apakah invalid iklan lagi atau tidak?

Lalu saya iseng-iseng melihat jumlah view postingan yang tadi diiklan native, pada jam yang saya klik, tertulis hanya ada 1 view saja disana dan jamnya sama seperti waktu saya klik tadi. Nah disini saya mendapatkan asumsi bahwa iklan native tersebut tidak memberikan dollar kepada saya melainkan pageview kepada saya.

Hal ini berarti dapat kita asumsikan bahwa iklan native yang menyajikan postingan kita sama dengan iklan matched contect dimana publisher tidak diberikan pundi-pundi rupiah atau dollar dalam setiap kliknya melainkan hanya menambah jumlah pageview postingannya.

Apakah hal ini baik atau buruk?

Menurut saya iklan native yang bisa menampilkan iklan seperti itu memberikan pengaruh positif kepada blog kita sendiri. Mengapa? Alasannya simpel karena dalam iklan native ads tersebut kita bisa mendapatkan 2 keuntungan sekaligus. Satu, kita mendapatkan rupiah atau dollar dalam setiap kliknya jika menampilkan iklan relevan dan Dua, kita mendapatkan pageview setiap ada klik yang didapatkan jika menampilkan iklan layaknya iklan matched contect.

Lalu muncul pertanyaan lagi, apakah setiap publisher google adsense bisa mendapatkan iklan native yang seperti itu?

Untuk pertanyaan itu, saya belum bisa memastikan apakah semua publisher bisa atau enggak. Tapi, setidaknya kamu coba saja dulu untuk memasang iklan native ads. Untuk jenis iklan native adsnya gunakan yang in article ( atau didalam konten artikel ) sehingga bisa lebih menyesuaikan dengan setiap postingan tidak universal.
Setelah itu, ada satu hal lagi yang harus kamu perhatikan, yaitu jumlah artikel yang sesuai. 

Maksudnya adalah jumlah artikel dalam 1 label harusnya banyak dan saling relevan antar tiap postingan. Dengan begitu, ketika iklan nativenya muncul, tidak terlalu jauh dengan topik yang disajikan dan akan mengundang orang untuk mengklik iklannya.

Bagaimana? Menarik bukan iklan native yang disajikan oleh google adsense? Jujur saya semakin kesini makin suka dengan iklan-iklan yang diberikan google adsense, karena semakin banyaknya variasi iklan dan semakin relevannya iklan dengan konten sehingga lebih memudahkan kita untuk mendapatkan pundi-pundi dollar.

Sekian pembahasan saya mengenai fungsi lain iklan native google adsense yang wajib banget kamu coba, semoga kamu semua mendapatkan iklan native yang seperti itu sehingga selain makin banyak dollar yang didapat, pageview blog kita juga akan semakin meningkat.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih sudah membaca postingan ini. Semoga informasi yang disajikan dalam postingan ini berguna dan membantu kamu dalam menjalanin penggunaan google adsense didalam blog kamu.
Dan sampai berjumpa dipostingan selanjutnya, jaa naa :D

Komentar

  1. Balasan
    1. sedikit bertambah gan.
      yg biasanya 1% kadang jdi 1,5-2%

      Hapus
  2. mantap. cara ini saya akan praktekkan juga

    BalasHapus
  3. Wah ada juga ya fungsi lainnya

    BalasHapus
  4. Bisa dicoba langsung nih, hasilnya juga nyata

    BalasHapus
  5. Wih, mantep gan .. semoga sering muncul di Blog ane ..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Absurd] JAV Sub Indo?? Beneran Ada!!

Cosplay Boku No Pico Yang Buat Kita Terpukau ! ! !

[ Review ] Pembahasan Chapter 4 - BIFURCATION - HEARTXBREAK

15 Hal Kenapa Cowok Otaku Keren

[Survei] Reaksi Orang Dengan Status “Boku No Pico”

ASUS X550IK, Laptop Premium Dengan Harga Terjangkau!