Cara Optimasi Iklan Adsense Untuk Visitor Mobile !!

Yooo Yoo
Selamat pagi, siang dan malam semuanya para pembaca setia www.rrythien.com

Apa kabar semuanya?
Baik-baik saja kan?

Optimasi Iklan untuk Visitor Mobile !!
pict by : dreamstime


Pada kesempatan kali nih, kembali saya akan membahas mengenai tips ngeblog. Sesuai dengan judulnya pembahasan ini akan lebih mengarah kepada visitor mobile. Seperti yang kita ketahui sekarang hampir seluruh manusia menggunakan handphone dan terhubung ke internet. Hal ini menunjukkan bahwa banyak semakin gampangnya kita untuk mengakses internet dimana saja dan kapan saja ( asal ada sinyal ) untuk mengakses internet tanpa harus menggunakan komputer lagi.

Hal ini juga yang bisa menjadi ladang emas bagi kita para blogger untuk menarik para pengguna internet yang berbasis mobile / handphone ( smartphone ) agar mendatangi website atau blog yang kita punya. Tapi, meskipun sudah banyak yang mendatangi visitor website kita melalui mobile / smartphone, earning yang kita peroleh tidak terlalu besar ataupun bahkan plop atau gagal. ( dalam keadaan sudah menggunakan iklan google adsense )

Ini menunjukkan tidak hanya dengan memaksimalkan visitor mobile saja kita bisa langsung bisa mendapatkan ladang emas seperti yang saya katakan. Ada beberapa cara lagi agar visitor mobile tersebut beneran menjadi ladang emas bagi kita, salah satu caranya dengan menyesuaiakan ukuran iklan adsense kita untuk mobile sehingga earning yang kita peroleh lebih berlipat ganda lagi dari biasanya.

Muncul satu pertanyaan kecil, bagaimana ukurannya?

Nah, sebenarnya jika kita buka google.com dan mencari-cari artikel maupun file-file yang berkaitan dengan optimasi mobile maka ada 1 file yang cocok banget dan direkomendasi oleh pihak adsense sendiri sebagai rekomendasi kita dalam mengoptimasi iklan mobile.

Untuk filenya sendiri kamu bisa mendapatkannya secara gratis dari google.com. Tapi tenang, kamu gak perlu risau atau gundah, saya sudah menyiapkan file tersebut kepada kamu, silahkan kamu ambil dan baca sebagai referensi kamu.

Simple Optimizations for your mobile site


Kalau kamu perhatikan isi dari file diatas, maka sudah sangat cukup memberikan contoh-contoh optimasi yang sangat pas untuk visitor mobile. Tapi, ada beberapa tambahan yang akan saya berikan kepada kamu, setelah mencoba-coba eksperimen dengan tayangan iklan di mobile site.

Hasil dari eksperimen itu cukup memuaskan meskipun tidak begitu besar, tapi dengan melakukan hal tersebut earning saya sedikit lebih meningkat disbanding dulu sebelum saya mengoptimasinya.


Oke langsung saja kamu praktekkan beberapa hal dibawah ini.


1. Maksimalkan iklan didalam artikel.


Salah satu tempat yang paling diincar oleh para publisher adalah konten, yup didalam konten. Untuk didalam konten sendiri kamu bisa memasukkan sekitar 2-3 iklan adsense dengan berbagai jenis unit maupun ukuran.

Ada dua posisi dan pola yang cocok kamu terapkan untuk meletakkan iklan didalam konten.

a. 3 jumlah iklan ( diawal konten ( setelah judul ) , tengah konten , dan akhir konten )
b. 2 jumlah iklan ( diawal atau akhir konten , dan tengah konten )

Dua posisi dan pola diatas memiliki kecenderungannya sendiri-sendiri , untuk yang (a) kita memaksimalkan jumlah iklan yang disediakan oleh google adsense , sehingga earning yang diperoleh lebih besar karena banyaknya peluang iklan yang akan diklik.
Untuk yang (b) kita lebih memaksimalkan nampaknya iklan dan jumlah tayang iklan, terlebih lagi untuk membuat visitor mobile lebih nyaman karena iklan  yang tidak terlalu banyak tampil didalam konten.


Lalu dari keduanya yang mana yang lebih baik?

Dua-duanya memiliki keunggulannya sendiri-sendiri, saya tidak bisa memberikan pendapat yang mana lebih baik. Itu semua tergantung kamu dan kebutuhan website kamu, apakah kamu lebih condong untuk mencari earning atau kenyamanan visitor. Semua tergantung kamu.


2. Gunakan Unit Iklan yang Beragam



Kita akan berpacu pada dua pola yang saya berikan diatas, dan kita fokus untuk pengiklanan yang berada didalam konten saja , tidak di sidebar ya.

Awal konten :

- Iklan banner 
- Iklan tautan

Tengah konten :

- Iklan banner 
- Iklan native in article

Baca Juga : " Fungsi Lain Iklan Native Google Adsense "

Akhir konten :

- Iklan tautan
- Iklan native in article
- Iklan banner 


3.  Ukuran Iklan yang digunakan.


Untuk ukuran sebenarnya ada beberapa ukuran yang sangat cocok digunakan untuk mobile meskipun tidak bisa beragam tapi dijamin sangat optimal untuk mendapatkan earning lebih dari mobile.

Ada 4 ukuran yang cocok untuk optimasi mobile :
- 336 x 280
- 300 x 250
- 320 x 100
- Responsive

Tapi, untuk setiap pola yang diatas,manakah yang cocok untuk digunakan? Dan kenapa ada iklan responsive disana?

Oke untuk iklan responsive akan saya jelaskan pada akhir ya ( akhir pembahasan ukuran iklan ).

1. Awal konten

- Iklan Banner ( responsive ( ukuran 320 x 100 , 300 x 250 ) )
- Iklan Tautan ( responsive ( ukuran 320 x 100 , 300 x 250 ) )

2. Tengah konten

- Iklan Banner ( responsive ( ukuran 300 x 250 , 336 x 280 ) )
- Iklan Tautan ( responsive ( ukuran  300 x 250 , 336 x 280 ) )

3. Akhir Konten

- Iklan Banner ( responsive ( ukuran 300 x 250 , 336 x 280 , ) )

Baca Juga : " Cara Masuk PageOne Google Search "

Kenapa dominan ukuran 300 x 250 dan 336 x 280
Jawabannya simpel, karena untuk ukuran smartphone standar memiliki ukuran minimal 400 pixel, sehingga jika kita menampilkan iklan dengan ukuran 300 x 250 maupun 336 x 280 maka iklan akan nampak secara keseluruahan dilayar smartphone visitor. Hal ini memberikan nilai plus sehingga visitor lebih tertarik lagi untuk melihat iklan tersebut. Melihat artinya ialah mengklik iklan tersebut.

Lalu, muncul lagi satu pertanyaan, kenapa iklan responsive?
Mungkin banyak yang beranggapan bahwa iklan responsive memiliki keunggulan karena bisa menyesuaikan ukuran iklan dengan ukuran device visitor, tapi terkadang tidak sesuai dengan keinginan kita ukuran yang ditampilkan, sehingga banyak yang enggan untuk menggunakannya.

Namun sebenarnya iklan responsive ini memiliki potensi lebih tinggi dibandingkan format iklan lain. Mengapa demikian? Karena iklan responsive bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan kita. Apakah tidak merusak TOS dengan memodifikasi iklannya? Nah, ini yang kadang salah tanggap, malahan google sendiri yang menyarankan dan memberikan tipsnya untuk memodifikasi iklan responsive agar lebih optimal lagi dalam memberikan iklan dalam website/blog kita.

Bagi kamu penasaran bagaimana memodifikasi iklan responsive sesuai dengan keinginan kita, kamu bisa melihatnya di tautan berikut :

Cara Memodifikasi Iklan Responsive Dari Google Adsense


Dengan menerapkan 3 hal diatas, kita memanfaatkan iklan adsense agar lebih optimal lagi didalam tampilan mobile. 

Apakah worth it 3 cara diatas?

Sangat worth it, saya sudah membuktikannya sendiri.



Dari hasil eksperimen saya selama 1-2 minggu, saya mendapatkan hasil seperti diatas. Terlihat bahwasannya klik yang saya dapatkan dari mobile lebih besar persentasenya dibandingkan dekstop. 
Hal ini juga membuktikan bahwa 3 cara yang diatas setelah diterapkan ternyata berhasil.

Bahkan itu hanya 1-2 minggu, bagaimana bisa dalam kurun waktu yang lama lagi? atau jumlah postingan yang terus meningkat?
Mungkin hasilnya jauh lebih terasa.

Meskipun kelihatannya 3 hal yang kita lakukan diatas sangat simpel, tapi ketiga hal tersebut bisa membuat penghasilan kita di adsense meningkat. Ayoo kita manfaat visitor mobile kita sebagai ladang emas untuk adsense kita !

Akhir kata saya ucapkan terima kasih sudah membaca postingan dan tips ini, semoga berguna dan bermanfaat bagi kamu semua. Dan juga semoga earning adsense kamu semakin meningkat hari-keharinya.

Sekian dan sampai berjumpa dipostingan berikutnya, jaa naa :D

Komentar

  1. ijin bookmark ya bro :) makasih infona

    BalasHapus
  2. Wah lumayan jika diterapkan di blog saya

    BalasHapus
  3. Bermanfat gan, sekalian ane mau tanya kan saya mamasang unit iklan banner yang tidak responsiv dan tidak tampil penuh pada versi mobile, apakah akan memberi dampak pada unit iklan tersebut ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dampaak terburuknya dari unit iklan terletak di penghasilan.
      Karena iklan yang muncul tidak penuh dilayar, membuat visiotr enggan untuk melihat dan melakukan tindakan klik terhadap unit iklan tersebut.
      Untuk dampak buruk lainnya tidak ada, hanya sebatas earning kamu saja yang akan sedikit.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Absurd] JAV Sub Indo?? Beneran Ada!!

Cosplay Boku No Pico Yang Buat Kita Terpukau ! ! !

[ Review ] Pembahasan Chapter 4 - BIFURCATION - HEARTXBREAK

15 Hal Kenapa Cowok Otaku Keren

[Survei] Reaksi Orang Dengan Status “Boku No Pico”

ASUS X550IK, Laptop Premium Dengan Harga Terjangkau!