Kenapa Sih Suka Anime?

Anime, siapa yang tidak kenal dengan istilah ini. Sejak jaman saya dan kamu SD anime sudah masuk ke Televisi Nasional Indonesia, dimulai dari yang paling legend Samurai X, Ninja Hatori, Inuyasha, Doraemon, Naruto dan masih banyak anime lainnya. Ketika saya menyebutkan nama-nama tersebut pasti kamu langsung teringat dengan kenangan saat masih banyaknya anime yang tayang di televisi Indonesia. Tidak seperti sekarang dimana masih bisa dihitung pake jari yang tayang dengan sensor yang sangat tinggi.

suka anime

Anime adalah sebuah animasi asli buatan Jepang yang memiliki ciri khasnya sendiri daripada animasi buatan Negara lain seperti Amerika, Rusia, China atau Negara tetangga kita Malaysia. Ciri khas dari anime ini sendiri terlihat dari bentuk animasinya real life atau menyerupai dunia asli kita. Sentuhan lembut gambar dari anime membuat gerakan-gerakan dalam anime lebih nampak nyata dan tidak kaku seperti animasi lain. Ciri khas lainnya juga adalah cerita-cerita yang ada didalam anime tersebut. Dalam beberapa anime banyak yang menceritakan cerita nyata yang ada di Jepang.

Pemilihan lokasi di anime juga banyak mengangkat tempat-tempat wisata yang ada di Jepang.
Jika kita membahas anime tidak akan ada habisnya, karena update anime yang tergolong cepat dan banyak. Dalam 1 musim saja (spring, summer, fall, winter) anime yang akan dirilis tidak kurang dari 40-50 anime dengan jumlah episode yang beragam ada yang 8, 12 atau bahkan 24. Tingginya minat anime di Indonesia membuat banyak situs-situs yang menyediakan anime dalam subtitle Indonesia,seperti Wardhanime/Awsubs, Oploverz, NekonimeNekopoi *ups* dan web anime indonesia lainnya.

Setiap orang yang menyukai anime pasti mempunyai alasan tertentu kenapa dia bisa suka dengan anime. Maka dari itu pada artikel ini saya akan membahas alasan-alasan kenapa suka dengan anime?  Dari alasan yang paling mainstream kita dengar sampai alasan yang kadang terdengar sedikit aneh.

Berikut adalah alasan kenapa kamu suka dengan anime :


1. Karena Suka Jepang

i love jepang
Alasan petama yang sering kita dengar pasti karena dia suka Negara Jepang. Yup anime berasal dari jepang, so pasti dia setidaknya tahu dan mungkin suka anime. Biasanya orang yang menyukai Jepang akan menyukai budaya-budaya dan trend yang sedang heboh di Jepang (walaupun tidak semua ya). Anime di Jepang merupakan tontonan sehari-hari,maka secara tidak langsung dia juga mengikuti budaya tersebut. Terlebih lagi karena dia menyukai jepang dia setidaknya update kabar-kabar disana, termasuk juga anime. Itulah yang menyebabkan dia juga menonton anime .Tapi,biasanya dia hanya menyaksikan anime-anime yang sedang trending di Jepang saja. Paling antara 1-5 saja, sebagai pelengkap saja dan agar tahu berita update jika anime tersebut dibahas diforum-forum,seperti  Kuzu no Honkai atau OniChiChi.


2. Mengganggap Dirinya Otaku


Untuk alasan yang satu ini, dibidang anime sendiri merupakan seorang yang sedikit hyper, karena biasanya mereka menonton anime itu hampir setiap hari, karena di Jepang sendiri anime diupdate hampir setiap beberapa jam perhari. Mereka biasanya paling update masalah anime, dari anime yang update dan yang akan datangnya. Juga mengenai cerita dibalik anime tersebut sampai karakternya. Dalam beberapa orang ada yang sampai mengkoleksi barang-barang anime yang lumayan dalam hal harga, karena semuanya buatan asli Jepang. (walaupun ada barang kwnya :v)

Walaupun begitu, tapi biasanya seorang otaku memiliki pandangan yang lebih luas dalam berpikir, kreatif dan pandai dalam mengambil keputusan meskipun ada kekurangannya yaitu kebanyakan mereka jomblo atau sendirian. (maaf pemirsa kalimat sebelumnya dibajak :v )

Baca Juga : 15 Hal Kenapa Cowok Otaku Keren

3. Mengikuti Trend Saja


Kalau untuk ini sama seperti kita mendengar ngetrend selfie, semuanya ngikut selfie. Hal ini sama juga halnya dengan anime. Ketika semua orang berbicara tentang Anime yang sedang hits seperti Konosuba atau Kuzu no Honkai yang ramai dibicarakan orang banyak, maka dirinya yang tidak suka dengan anime atau menonton anime tidak akan tahu tentang hal itu. Terlebih lagi jika ia berada dilingkungan yang mayoritas suka anime, maka ia seperti tersingkirkan. Karena untuk berbicara dengan linkgungannya cukup susah, karena ketidaktahuannya.

Pasti kelamaan dia akan mulai menonton anime tersebut agar bisa ngikutin perkembangan dilingkungan pergaulannya . Biasanya dia juga hanya menonton yang lagi trend saja,agar ia tetap update kabar-kabar terbaru yang lagi trending. Akan ada bahan untuk berbicara dilingkungannya.

4. Agar Bisa Dekat Dengan Gebetan


jadian nih yeee :v

Untuk alasan yang satu ini saya baru dengar dari teman-teman saya. Sebenarnya sedikit kaget sih begitu dengar alasannya,tapi setelah dia jelasin akhirnya saya mulai mengerti.

Biasanya mereka sengaja ikut-ikut nonton dan update tentang anime karena gebetan mereka juga suka dengan anime. Mereka melakukan itu supaya mereka tetap bisa setidaknya ngomong atau bicara-bicara dengan gebetan meskipun hanya tentang anime. Biasanya mereka kebanyakan lebih menonton apa yang gebetannya senangin untuk bisa lebih cari hati kepada geebtannya.

Meskipun masih sedikit, tapi dalam beberapa forum group anime memang hal ini sering terjadi. Mereka banyak meminta rekomendasi anime romance untuk mereka menonton berdua sama gebetannya.

5. Ceritanya Seru


Untuk cerita anime sendiri banyak genre yang disukai terutama diIndonesia, biasanya cerita yang bernuansa romance dan action yang mendominasi. Beberapa cerita dari anime tersebut memang banyak yang membuat orang menonton menginspirasi untuk berubah menjadi lebih baik lagi atau menjadi seseorang yang lebih romantis jika animenya tentang romance. ( Terutama nonton anime Kuzu no Honkai :v )

Banyak cerita-cerita fantasi yang membuat setiap kita menontonnya membuat kita penasaran bagaimana kelanjutan ceritanya nanti atau membuat kita ingin mengalami kejadian-kejadian yang ada di anime.

Cerita yang beragam dari anime yang selalu update setiap musim membuat anime tidak ada habisnya untuk membuat kita menontonnya. Kalau saya sendiri lebih suka romance karena banyak beberapa trick untuk mencintai seseorang yang terkadang diajarkan di anime tersebut.


6. Mengisi Wakttu Ulang


obama aja nonton :v (males pake muka trump)

Anime memang cocok untuk dijadikan kegiatan untuk mengisi waktu luang. Karena juga acara tv nasional Indonesia yang sudah tidak mendidik lagi (maaf pak :v) ,banyak acara-acara yang terkadang tidak cocok untuk ditampilkan dipublik tapi tetap ditampilkan.

Dengan mengisi waktu luang dengan anime cocok menurut saya,karena juga anime banyak mengangkat hal-hal yang ada di Jepang, jadi kita meskipun hanya menonton anime tapi kita tetap tahu apa yang terjadi dan apa yang ada di Jepang.

Tapi ,meskipun begitu menontonnya juga harus dipilih-pilih jangan asal nonton yang ++ aja. Karena banyak anime yang berisi tentang pendidikan yang cocok buat anak-anak dan menambah wawasan kita agar lebih luas lagi.

Ingat pilih-pilih ya, nanti malah nonton Boku no Pico lagi, jangan ya jangan..

Baca Juga : [Survei] Reaksi Orang Dengan Status "Boku no Pico"

7. Suka Karakter Wanitanya Yang Kawaii

noh waifu somplak :v


Kalau untuk urusan yang ini selalu menjadi pokok utama dalam suatu anime menjadi anime yang top. Biasanya dalam suatu cerita anime terdiri minimal ada 2 karakter wanita yang tampil sangat kawaii yang terkadang membuat kita berkhayal bahwa mereka itu nyata. Banyak karakter wanita yang terkadang membuat penonton nya hanya ingin melihat mereka saja di tiap episode.

Seperti yang kita tahu beberapa saat yang lalu di konosuba, ada satu karakter yang lagi perbincangkan. Yup, darkness atau lalatina (aslinya raratina, tapi gak karena bisa bilang r jadi huruf  l ) dimana setelah 3 episode awal menghilang akhirnya muncul kembaku diepisode ke-4.
Begitu datang Darkness langsung membuat para penonton heboh, terutama pria.
Kenapa? Alasannya .....

Hmmm.. Nonton sendiri deh, soalnya saya jelasin disini bahaya, nanti dicap author disini eheeem..

Kehadiran dari para karakter-karakter wanita ini membuat cerita di animenya menjadi lebih menarik terutama untuk anime-anime yang bergenre harem,biasanya karakter wanita yang ditampilakn lebih banyak dengan banyak sifat yang berbeda-beda.

Sekian pembahasan saya mengenai kenapa sih suka anime?
7 pernyataan diatas adalah beberapa alasan yang saya rangkum kenapa kamu menyukai anime (secara umum ya guys ;v )

Kalau untuk sendiri karena 2 hal kenapa suka dengan anime.
1. karena suka jepang
2. mengisi waktu luang atau lebih tepatnya refreshing dari tugas-tugas kuliah 😓


Kalau kamu sendiri alasannya apa? Apakah ada dari ke-7 diatas? Atau ada yang lain?
Yuk share-share alasannya dikolom komentar.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih sudah meluang waktunya untuk membaca salah satu postingan absurd saya berjudul "Kenapa Sih Suka Anime?".
Jika ada kesalahan dalam penyampaian diatas, saya mohon maaf karena tidak ada salah satu orang yang disudutkan diatas.
Sekali lagi terima kasih sudah membaca dan sampai berjumpa dipostingan berikutnya , jaa nee ;D

21 komentar :

  1. yg pasti suka ceritanya sekalia ngisi waktu luang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ceritanya banyak yang keren-keren terutama genre action fantasy gan :D

      Hapus
  2. biasanya sih ane suka nonton kalau bosen aj wkwkkw

    BalasHapus
  3. betul tuh ane kalo bosen juga suka nonton anime

    BalasHapus
  4. anime itu sebagai hiburan bro

    BalasHapus
  5. wah kalo ane cukup no.5 saja gan :D soalnya emang banyak anime yang jalan ceritanya menarik

    BalasHapus
  6. Yang nomor 7 tuh,. Hihi,..

    BalasHapus
  7. kalo ane sih nonton anime cuma buat waktu luang gak terlalu sampe ke suka jepang kecuali JAV :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. njiaaaaaahhhhh...
      onichichi dong kakak enak :D

      Hapus
  8. saya si ga terlalu over suka sama anime nya, suka karna emang berbau animasi, makanya ga bosen walaupun ga ngerti alur ceritanya haha :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk alur yang gampang dimengerti coba nonton genre slice of life gan

      Hapus
  9. suka ngoleksi anime sesaat gara gara buat model modusin cewe hehe

    BalasHapus
  10. Ane juga suka bgt anime gan. khususnya Gintama. tp ane ska krena anime critanya gk lebay (meski ada yg lebay sih) n ceritanya seru dibnding sinetron upss.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gintama salah satu anime terbaik sepanjang masa.
      comedynya itu loh dapet banget :D

      Hapus
  11. Kalau saya suka karena no. 1 dan 5 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. weeee kita sama-sama suka jepang gan :D

      Hapus
  12. kalaw ane suka karena nomor 5 , nice artikel gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks gan :D
      ya ceritanya lumayan seru kalau action fantasy

      Hapus