Curhatan Si Fansfar


Fansfar atau fans yang jauh bisa juga diartikan fans yang berada cukup jauh dari idolanya. Jauh disini lebih diartikan letak tinggal antara si idola dengan fansnya,sebagai contohnya saya sendiri. Saya berada di kota medan dan idola saya berada di kota Jakarta dan bandung. Jarak yang cukup jauh,sehingga jika saya datang ke sana hanya sekedar untuk liburan saja.Dan kesempatan untuk bertemu dengan idolanya sangat sedikit.

Itulah sekilas penjelasan singkat mengenai apa itu fansfar.

Sekitar 3-4 tahun,lumayan lah meskipun ada beberapa bulan vacum karena beberapa alasan. Sehingga sudah banyak merasakan gimana asin pahitnya menjadi seorang fansfar itu. Menjadi fansfar ada senangnya ada dukanya juga,tapi lebih banyak dukanya kayaknya daripada senangnya.

Oke saya akan cerita dari pertama kali menjadi seorang fansfar ya..Ceritanya panjang nih,jadi enjoy aja bacanya kak :D


Untuk menjadi seorang fans dari sebuah idol sendiri, awalin ketika masih duduk di bangku sma tepatnya sih kelas 1. Saat itu pas banget lagi menyaksikan sebuah acara musik disalah satu televisi nasional. Sebuah idol group yang diadaptasi dari jepang muncul diacara musik tersebut dan seakan membius diriku untuk menyaksikan mereka.

Ketika pertama kalinya mereka muncul di atas panggung, pertamanya sih agak terkejut,kok rame amat ya? Sampe Nampak penuh gitu panggung mereka. Lagu pertama yang mereka bawakan adalah “Heavy Rotation”. Begitu mendengarkan judul lagunya kamu semua pasti pada tahu kan siapa yang saya omongin?? Yup benar sekali,idol pertama saya adalah “JKT48”.

JKT48,kesan pertama saya mendengarkan nama mereka, saya langsung memutuskan harus jadi fans mereka. Jadi karena penasaran akhirnya iseng cari-cari informasi mereka di internet. Di mbah google dijelaskan bahwa mereka adalah sister group dari sebuah idol group terbesar di Jepang AKB48,dan sister group pertama yang ada diluar jepang. Keren itu kata yang keluar pertama yang keluar dari mulutku ketika membaca tentang JKT48.
AKB48 ya? Sering dengar sih karena, dulu sempat main game lagu-lagu mirip gitu yaitu OSU! dan juga suka nonton anime gitu.*siapa yang nanya ya? :D* Jadi teringet ternyata mereka sister group dari situ toh,keren dong ya. Ya yang saya tau cuman lagu-lagunya , satu pun anggota nya gak ada yang tahu namanya,maklum dulunya kurang ke dunia begitu,jadi cuman tahunya ada AKB48,sister groupnya yang lain pun kagak tahu hehe.

Lalu mulai telusuri website mereka JKT48.com, tanpa pikir panjang pun langsung ikutan register disitu dan ada 1 pertanyaan pertama yang agak membingungkan, karena baru pertama kali ngidol kayak gitu. “ Siapa Oshi kamu?” Haaa?? Apaan tuh oshi oshi? Apa nickname kali ya?? Singkat cerita akhirnya aku tahu oshi itu idol yang idolain gitu. Nah oshi saya pertama kali itu adalah “Nabilah Ratna Ayu Azalia” atau lebih tepatnya Nabilah. Ya dia adalah oshi pertama, alasan suka doi karena facenya pertama liat langsung tertarik gitu apalagi gigi gisulnya itu loh,gak tahu kenapa asal lihat cewek yang memiliki gigi gisul itu memiliki kecantikan yang sedikit bertambah gitu.

My First Oshi *.*


Akhirnya diriku memutuskan dengan kondisi sepenuhnya sadar oshi saya adalah Nabilah. Selang beberapa waktu eh ternyata JKT48mengeluarkan MV mereka yaitu “Heavy Rotation’. Begitu keluar,tanpa pikir lagi langsung cari dan wih keren ceritanya tentang sekolah gitu. 1 adegan yang paling diingat sih ketika melody tersandung jatuh. Moment itu yang selalu teringat ketika bicarain MV heavy rotation.

Nih oshi baruku dan terakhir *.*


Dan karena MV ini juga, akhirnya lebih mengetahui beberapa member dari JKT48 ada yang cantik-cantik atau manis gimana gitu deh,dan untuk pertama kali dan terakhir aku menggantikan oshi,karena gak tahu kenak mitis apa ya,aku berpindah oshi dari Nabilah ke “Ayana Shahab” atau lebih dikenal dengan Achan. Dan achan sampai sekarang tetap menjadi oshiu gak ada berubahnya.

Nah ceritanya udah saya buka dengan siapa oshinya,sekarang masuk ke topic fansfarnya.


Jadi setelah memutuskan untuk menjadikan Achan menjadi oshi ,berangsur-angsur waktu aku mulai mencoba untuk mencari tahu lebih lengkap lagi apa itu JKT48? Gimana fans sama mereka? Cukup lama juga untuk mencari informasinya, hampir 1-2 minggu lebih. Sampai akhirnya aku mengetahui bahwa mereka mempunyai sebuah theater di Jakarta yang bisa kita datengin tiap hari kesana
.
Theater JKT48 *dari mbah google*


Wih berarti bisa jumpa tiap hari dong sama achan? Itu yang pertama terlintas dikepalaku,tapi ternyata kagak. Why? Karena aku berada dimedan sedangkan doi ada di Jakarta. Karena bingung gimana biar bisa tahu aktifitas mereka terutama achan di sana,jadi aku join beberapa group-group dan komunitas JKT48. Disitu dijelaskan bahwa member sendiri mempunyai social media berupa G+ dan twitter sebagai sarana untuk bisa lebih dekat dengan fansnya.


Karena itu juga akhirnya aku juga buat account dan mengikuti kegiatan doi di twitter. Setiap doi ngetweet hampir selalu kureply dan retweet. Hampir 1 minggu lebih bingung kenapa gak ada yang dibalas reply dari fansnya,sombong kah?? Ternyata eh ternyata mereka memiliki beberapa peraturan gitu diantaranya berhubungan juga dengan aktifitas mereka di social media. Kegiatan itu berlangsung terus sampai sekarang, selalu mengikuti aktifitas achan melalui twitter,meskipun sekarang  jarang ngereply twitternya tergantung ada Tanya jawab aja hehe.

Sekitar 2 tahun yang lalu ketika seperti biasa ngereply eh ada sebuah kalimat reply. “Gimana yang fansfar achan? Kami jauh loh,kangen dong”.

Apa tuh fansfar?? Kalau diartikan sendiri udah jelas fans yang jauh. Tapi pasti ada penjelasan lebih jelas lagi mengenai apa tuh fansfar. Di sebuah forum JKT48ternyata ada yang membahas masalah fansfar dan fansnear,eh apa lagi tuh fansnear??

Disitu dijelasin bahwa fansfar itu kebanyakan fans yang berada diluar pulau jawa , sedangkan fansnear berada di pulau jawa. Loh? Kenapa macem dibagi gitu ya? Karena kebanyakan fansnear pasti lebih sering kan jumpa sama idolnya karena jarak yang dekat,sedangkan bagi yang fansfar hanya ketika ada direct selling atau konser gitu saja bisa jumpa atau bisa juga jika lagi ada duit dan waktu kosong datang ke theater mereka.

Pertama dengarnya agak gak enak gitu kok fans kayak gitu? Emangnya apa bedanya kan kita sama-sama fans sama idol yang sama,kenapa gitu banget ya? Gak tahu ada mimpi apa semalem eh pas banget di sebuah group disocial media,ada fansnear yang menjelek-jelek fansfar. Heboh sampai ada dihalaman pertama ketika kita memasuki group itu. Seseorang yang mengganggap dirinya fans paling benar mengatakan bahwa fansfar itu bukan fans asli,cuman fans ikut-ikutan aja. Kalau benaran fans seringlah ke theater,lihat mereka konser,nih cuman mengandalkan youtube dan tv doing,fans layar kaca maha itu namanya.

Sejak saat itulah aku mengetahui bahwa jarak diriku yang dimedan dan sang idol yang ada di jakarta dikatakan fansfar.

Nah topiknya masuk kelebih dalam lagi,berupa curhatan diriku si fansfar. Ini merupakan pendapat murni sendiri ya,gak ada maksud kemana-mana. Yuk dibaca kak.


Ada pertanyaan mengenai fansfar itu sendiri. Kenapa kami*saya juga fansfar ya* selalu dipandang gimana gitu oleh kebanyakan fansnear? *gak semua ya* Apa yang salah? apa karena masalah jarak saja? Itu mah gak cocok banget buat dibanding-banding seperti itu,kan gak mungkin juga karena ngidol seseorang yang ada jauh dari tempat lahir dan tinggal,jadi harus kesana demi doi dan meninggalkan yang ada ditempat sebelumnya.

Meskipun berada dalam wilayah yang cukup tapi dengan adanya social media terutama twitter ,setidaknya kan tetap bisa melihat aktifitas si doi dan terutama tetap bisa mensupport dia kedepannya. Apa seorang fans dikatakan benar-benar seseorang fans itu hanya ditentukan dari keseringan dia menonton secara langsung atau sering melihat secara langsung idolanya?

Gak juga kan? Sebagai seorang fans menurutku sendiri sih itu bukan dilihat dari seberapa banyak dia menonton secara live atau sering bertemu,tapi bagaimana loyalitas dia dengan idolanya. Maksudnya disini,bagaimana cara mensupport dan selalu mendukung idolanya disaat sedang senang dan terpuruk. Terlebih lagi banyak sekali fans yang cuman hadir ketika idolanya ada dipuncaknya saja,ketika idolanya down karena sesuatu isu atau apapun,kebanyakan meninggalkannya dan stop jadi fansnya,itukah fans??

Ini sering kali terjadi di JKT48 khususnya para fansnya atau vvota,karena saya juga salah satu dari fans mereka. Banyak sekali fans-fans yang bisa disebut fans kariban *kalau gak salah lupa namanya* yang selalu ramai keberadaannya dimana-mana. Ketika idolnya (oshi) terlibat suatu masalah eh fansnya bukan bantu untuk support agar balik lagi gak down,nih malah meninggal tanpa alasan dan mengganti idolanya ke idola lain tanpa ada rasa apapun. Iki opo gitu? Nanti mengatakkan bahwa dirinya fans paling segalanya pokoknya kalau udah bahas tentang idola (oshi) nya disebuah forum atau group. Dia mengganggap fans lain itu mah gak ada apa-apanya dialah no 1 nya. Tapi,ada masalah dikit dengan idolanya eh hilang hahaha nih fans lucu menurutku mah.

Dan biasanya yang kenak imbas dari fans yang seperti ya fansfar,tetap banget. Biasanyanya ejekannya tuh selalu dimulai dengan ,”Apaan lo cuman fansfar liat idolanyan aja cuman dari tv sama hp doang. Nonton live dong,gitu disebut fans?? Gak cocok lo pada mah,gak fans yang cuman liat-liat gitu doing,gak ada supportnya ke idolanya.” Perkataan itu paling sering terdengar di forum-forum.

Setelah menjalani kehidupan seorang fansfar selama hampir 3 tahunlah, ada sedikit rasa ingin memutuskan untuk stop dalam hal idol-idol ini karena memang jarak dan waktu yang tidak memungkinkan. Tepatnya akhir Agustus 2015,aku memutuskan untuk stop dalam hal peridolan yang sebenarnya sayang banget buat ditinggalin tapi mau gimana lagi mungkin karena fansfarnya ini kali ya.Dan sejak awal September akhirnya beneran stop,tidak tahu update-update tentang idol itu gimana lagi.


Nah kita balik sedikit kebelakang ceritanya ya,karena ceritanya nyambung nih.


Jadi karena mulai ngikutin idol-idol gitu,aku jadi penasaran ada gak ya,yang selain mereka di Indonesia ini. Itu dilakukan sekitar awal tahun 2014 tepatnya bulan Januari *baru ngintip tanggal di videonya*. Iseng lagi muter-muter di sosmed eh aku dapat sebuah postingan berisi sebuah video. Di judul video itu tertulis “[Lumina Scarlet] Ijime , Dame , Zettai – Babymetal (dance + sing cover)” .. Wuui keren nih namanya lumina scarlet. Apaan tuh ya??



Nih video pertama kali kuliat Lumina Scarlet

Cek youtubenya karena pas ditautannya ada linknya. Oh ternyata mereka salah satu cover idol group gitu di bandung. Bandung ya?? Jauh juga ya dari medan ke bandung. Terlintas dikepala udah ngefans mereka juga karena suka gaya mereka,ya gak tau sih emang karena mereka covernya keren-keren sih. Tapi,jarak masih masalahnya. Akhirnya aku sekedar update-update biasa saja tentang mereka,sering liat-liat videonya diyoutube.

Sampai akhirnya di tahun awal 2015 aku melihat dichannelnya Lumina Scarletmereka mengeluarkan sebuah mv single pertama mereka “Scarlet Melody”. Reaksi pertamaku ketika melihat mv mereka adalah “Aku Harus Jadi Fans Mereka”. Masalah ini terus membuat kepalaku pusing masa iya jadi fansfar lagi. Akhirnya pikiranku untuk jadi fans mereka ditunda lagi. Karena tepat banget pas 2015 itu adalah tahun terkahirku di sma.

Hari berganti minggu,minggu berganti bulan. Hari-hari menegangkan ketika diakhir masa sma pun terlewatkan,Ujian nasional lewat,tinggal ujian masuk untuk ke universitas. Sekitar 7-8 bulan diriku benaran vakum dari dunia peridolan itu. Tidak ada kabar update apapun yang kutahu dari mereka. Aku hanya fokus sama masalah bagaimana bisa masuk ke salah universitas ( ikut test ya ;v) sehingga kulupain dulu semua itu. Sampai diakhir bulan September 2015 aku kembali lagi ke dunia ngidol,setelah akhirnya aku berhasil masuk ke salah satu universitas.

Ketika kembali ke dunia ngidol,aku memutuskan untuk beneran jadi fansfar dari cover idol group tadi dan memtuskan idolanya siapa. Gak tahu sebenarnya dulu mereka ada idola-idola gitu atau oshi namaya gitu,iseng aja kubut. Resmi dah menetapan diriku sendiri jadi fans mereka dan tetap menjadi seorang fansfar. Jadi JKT48 gimana?? Disini aku ngidol tapi berasa gak ngidol dulu (aneh ya,aku pun juga bingung :v) ,jadi aku tetap fans mereka tapi tidak mengikutinya dulu karena suatu alasan.

Nih oshiku di LuSca cantik kan :D ~~

Nih juga salah satu oshiku:D ~~ 
Seperti biasa aku langsung searching di google apakah mereka juga memiliki socmed yang bisa diikut. Sekian lama muter-muter,tahunya ada disalah satu situs yang membahas tentang culture jepang baru mereview atau menjelaskan tentang mereka. Lumayan deh nambah info yang baru jadi fans mereka. Ternyata ada toh group fansnya juga,dan account socmed mereka terutama twitter.

Langsung menuju twitter,aku follow pertama yang dioshiin ,tapi yang lain macem dibookmark hafalla gitu usernya. Akhirnya dimulai dah perjalanan fansfarku yang dulu pernah berhenti. Ternyata membernya baik-baik,lucu,pokoknya gak nyesal dah  jadi fans mereka. Itu kesan pertamaku setelah beberapa minggu menjadi fans mereka secara benar ya. Sampai di bulan Desember ternyata dari pihak manajemen mereka membuat sebuah trobosan untuk lebih mendekatkan mereka dengan para fansnya yaitu dengan socmed fame. Dimana nanti kita bisa live streaming dengan setiap member dari LuSca *singkatan Lumina Scarlet*

penampakan pas ngefame hari tuh :D



Wah akhirnya ada kesempatan nih buat lebih kenal lagi sama mereka. Kegiatan live streaming ini berlangsung selama 2 bulan,dari tanggal 1 Desember 2015 – 31 Januari 2016.  Dan dari live streaming ini juga aku banyak belajar menjadi seorang fans yang meskipun dia fansfar tapi bisa berbuat lebih kepada idola kami. Disalah satu live streaming LuSca,ada seorang member yang berkata kepada kami bahwa dia senang banget memiliki fans tidak hanya dari bandung itu sendiri,tapi dari luar juga sampai sumatera dan Sulawesi. Disitu juga terlintas sebuah wejangan yang menjadi peganganku sampai sekarang..
“Meskipun kamu tidak selalu berada didepan dan berteriak paling kencang ketika kami tampil,tapi kamulah yang membuat kami semangat ketika tampil. Kami gak mengharuskan kamu selalu untuk menonton kami tampil karena beberapa ada jauh. Tapi dukunglah dan selalu support kami,jika ada kesalahan mohon diberitahu,karena kami hanya manusia yang tidak luput dari kesalahan. Dukungan dan support kamulah yang membuat kami tetap bediri sampai sekarang.”

Itulah kalimat yang selalu membuatku semangat dalam ngidol meskipun fansfar. 
*sebagaian kata tidak salah persis dengan yang diucapkan,lupa sih hihi tapi garis besar wejangannya adalah yang diatas*.


Dengan wejangan itu juga yang membuatku semakin semangat dalam memberikan support dan dukungan ke mereka. Karena wejangan itu juga kembali ke dunia ngidol yang dulu sempat ditinggalin. Hingga sampai tulisan ini dibuat pun wejangan itulah menjadi penganganku dalam masuk kembali ke dunia ngidol ini.

Hanya fansfar pun aku tidak perduli lagi dan menghiraukan ocehan-ocehan dari fans-fans lain yang mengatakan bahwa fansfar itu tidak ada apa-apanya. Dengan selalu memberikan support dan dukungan ke idola kita dan tidak membiarkan mereka sendiri ketika down dan membantu mereka melewati itu. Tidak harus selalu menampakkan wajah didepan mereka,lebih indah rasanya ketika mendukung mereka dari kejauhan tanpa mereka sadari,bahwa ada fans mereka dijauh sana yang selalu support mereka,mendukung mereka,tidak meninggalkan mereka ketika jatuh. Itulah pelajaran yang kudapat ketika 2 bulan ngefame bareng LuSca yang membuat diriku jadi makin yakin kembali menjadi seorang fansfar dari JKT48dan LuSca.

Jarak bukan halangan bagi kamu untuk mendukung idola kamu. Karena jika kamu memiliki niat yang besar untuk bisa berjumpa dengan mereka,meskipun jauh dan berat,pasti itu bisa tercapai. Hal ini sama yang terjadi denganku saat ini. Aku lagi menabung khusus untuk menyiapkan diri agar bisa melihat idolku lngsung secara live jumpa dengan mereka. Meskipun banyak rintangan kesana,tapi aku harap dengan kesungguhan pasti bisa terwujud.


Sekian curhatan yang cukup panjang dan banyak gak jelasnya.Terima kasih sudah meluangkan waktu yang cukup lama untuk membaca ini,semoga dengan bacaan ini kamu yang masih ragu dalam fans karena jarak bisa lebih yakin lagi bahwa jarak itu tidak menjadi penghalang kamu.


Jika ada kesalahan dalam penulisan yang menyakitkan kepada seseorang,saya selaku penulis memohon maaf , karena tidak ada unsur untuk menyakiti disini,ini hanya curhatan/cerita biasa seorang fans saja.
Terima kasih sekali lagi dan sampai bertemu di coretanku berikutnya. Jaa :D


Komentar

  1. Huaa ternyata ritin baru lulusan taun kemaren yah *melipir dri isi blog*
    Dannnn ngoshiin teteh ganteng juga πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih kecik saya mah kecik hehe..
      tapi nyanyan mah nomor 1 tetap dihati

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Absurd] JAV Sub Indo?? Beneran Ada!!

Cosplay Boku No Pico Yang Buat Kita Terpukau ! ! !

[ Review ] Pembahasan Chapter 4 - BIFURCATION - HEARTXBREAK

15 Hal Kenapa Cowok Otaku Keren

[Survei] Reaksi Orang Dengan Status “Boku No Pico”

ASUS X550IK, Laptop Premium Dengan Harga Terjangkau!